Selasa, 16 Desember 2008

hari Ini Indeks Terkoreksi 1,2%

Bursa Indonesia ditutup terkoreksi 1,2% setelah sempat naik tajam 96 poin kemarin. Merosotnya IHSG mengikuti pergerakan bursa regional yang mayoritas ditutup di teritori negatif seperti Topix (-2,16%), Singapore Strait Times(-0,20%), dan Nikkei (-1,12%). Jatuhnya bursa regional dipicu oleh kecemasan para investor terhadap resesi global yang akan menghambat pertumbuhan perekonomian. Sementara harga minyak stabil di level $44/barrel, bahkan sempat menyentuh US$50/barrel kemarin dibalik antisipasi para investor terhadap rapat OPEC yang akan digelar di Algeria besok.

IHSG ditutup melemah 16,4 poin ke level 1.342,86 dengan nilai transaksi mencapai Rp1,9 trilliun. Lonjakan IHSG kemarin menembus level psikologis 1.300 mendorong para investor untuk melakukan aksi profit taking pada beberapa saham unggulan seperti AALI (-3,58%), BUMI (-3,06%), dan PGAS (-5,37%). Selama intraday indeks tak pernah menembus zona positif, praktis sampai penutupan sesi kedua hanya ada 3 sektor yang ditutup menguat yaitu industri dasar, konsumen , dan manufaktur. Turunnya harga premium dan solar yang menjadi katalis penguatan indeks kemarin masih berpotensi turun menurut Sri Mulyani di Gedung DPR, Senayan, hari ini.

Untuk perdagangan besok indeks diestimasikan akan rebound seiring kebijakan the Fed mengumumkan interest rate paling lambat malam ini dan pernyataan gubernur Bank Sentral China yang mengindikasikan akan memangkas suku bunga acuannya bulan ini. Indeks Dow Future berada di level 8.600 (+0,22%).

0 komentar:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template