Selasa, 08 Juni 2010

Keuntungan Berinvestasi Saham


Pada dasarnya, ada dua keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham:

1. Dividen

Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS. Jika seorang pemodal ingin mendapatkan dividen, maka pemodal tersebut harus memegang saham tersebut dalam kurun waktu yang relatif lama yaitu hingga kepemilikan saham tersebut berada dalam periode dimana diakui sebagai pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen.
Dividen yang dibagikan perusahaan dapat berupa dividen tunai – artinya kepada setiap pemegang saham diberikan dividen berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap saham - atau dapat pula berupa dividen saham yang berarti kepada setiap pemegang saham diberikan dividen sejumlah saham sehingga jumlah saham yang dimiliki seorang pemodal akan bertambah dengan adanya pembagian dividen saham tersebut.

2. Capital Gain

Capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Misalnya Investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp 3.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp 3.500 per saham yang berarti pemodal tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang dijualnya. 

6 komentar:

maaf blog sedang dalam perbaikan mengatakan...

artikel yang menarik, sangat bermanfaat, mohon izin copas untuk repos dg tetap menyertakan link aktif post ke blog ini, makasih dan salam kenal.. ditunggu kunjungannya..

Website Designer mengatakan...

Yummy blog! Thanks for giving out your creative mind’s eye.
Your piece of writing is noteworthy. I will read your post on a regular basis and it’s very supportive.

PSD to HTML mengatakan...

Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.

Unknown mengatakan...

Blog yang bagus. saya ijin mengkopy ya. saya akan cantumkan sumber dan link aktif dari Blog ini. Terimakasih

investasi mengatakan...

ROI Saham lebih tinggi dari investasi lainnya

Unknown mengatakan...

Meskipun keuntungan dari saham mendapatkan dividen tapi tetap ada risiko tidak akan dibagikan dividen.
pojokinvestasi.com

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template